LAPORAN AKHIR GELADI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA WITEL DI YOGYAKARTA
Setelah melaksanakan Geladi selama enam pekan lamanya, banyak hal yang didapat dari pelaksanaan tersebut. Geladi merupakan mata kuliah yang dapat diambil mahasiswa S1 Teknik dan D3 Teknik Universitas Telkom dan dilaksanakan saat libur semester genap. Adapun yang dapat di posting disini adalah kesan, pesan dan laporan akhir dari geladi ini, selamat membaca …!! 🙂
* Kesan….
Saat hari pertama Geladi kami disuguhkan dengan pembukaan yang sederhana, namun melaksanakan Geladi disini cukup menyenangkan. Dengan keakraban yang dijalin sesama Mahasiswa dan pegawai di Telkom Kotabaru, Yogyakarta, Divisi Access Kotabaru. Biarpun kami disini hanya mahasiswa yang “numpang” tempat tapi seluruh elemen yang ada disini memeperlakukan kami sama seperti sesama pegawai. Disini diadakan Bimbingan Rohani (Binroh) sekali dalam dua pekan dan mengikuti senam bersama setiap hari Jum’at pagi. Terlebih, saat bulan Ramadhan ini bagi yang ingin buka gratis (hehehe) setiap hari diadakan buka bersama di Masjid Ar-Ridho Telkom Kotabaru dan Binroh setiap hari setelah melaksanakan shalat Dzuhur. Selain kegiatan sesama, kami mendapatkan pengalaman yang tentunya belum pernah kami dapatkan. Bekerja sama dengan manager, atau sesama pegawai dan mengenal pegawai yang ada disini.
*Pesan……
Tak banyak pesan yang disampaikan. Mungkin, Telkom Divisi Access Kotabaru Yogyakarta bisa mengadakan acara buka bersama dengan manager dan pegawai Telkom sini. Dan lebih mengawasi mahasiswa geladi.
*Berikut laporan yang telah saya susun…..
LAPORAN AKHIR GELADI
PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA
WITEL DI YOGYAKARTA
DIVISI INFORMATION SYSTEM CENTER
diajukan untuk memenuhi tugas pada Mata Kuliah Geladi S1 Ilmu Komputasi
oleh
Diva Amalia Nadhilah ( 1107130088)
S1 ILMU KOMPUTASI
FAKULTAS INFORMATIKA
UNIVERSITAS TELKOM
BANDUNG
2015
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN AKHIR GELADI UNIVERSITAS TELKOM
PT TELKOM INDONESIA, Tbk
DIVISI INFORMATION SYSTEM CENTER WITEL DI YOGYAKARTA
TANGGAL 3 JUNI 2015 s.d. 10 JULI 2015
Laporan ini diajukan untuk memenuhi persyaratan penilaian telah menyelesaikan
Mata Kuliah Geladi Universitas Telkom Bandung
Oleh,
Diva Amalia Nadhilah
1107130088
Yogyakarta, 9 Juli 2015
Diketahui dan disahkan, oleh;
Pembimbing Akademik Pembimbing Lapangan
Kharisma Bani Adam Toto Har yanto
NIP. 14881505-2 NIK. 720368
KATA PENGANTAR
Assalamua’alaikum Wr.Wb
Alhamdulillah, puji dan syukur penulis atas kehadirat Allah SWT atas ridho dan rahmat-Nya yang senantiasa tercurah sehingga penulis dapat menyelesaikan Geladi di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Divisi Information Sytem Center, Kotabaru, Yogyakarta) dan menyelesaikan Laporan Geladi ini tepat pada waktunya.
Laporan Geladi ini ditulis sebagai pengalaman yang telah penulis dapatkan selama melaksanakan Program Geladi. Adapun laporan ini merupakan salah satu syarat kelulusan mata kuliah Geladi pada Universitas Telkom Bandung. Banyak kendala yang penulis hadapi ketika menyelesaikan laporan ini. Untuk itu, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan ini, diantaranya:
1. Bapak M. Amanuddin, selaku General Manager WITEL DI Yogyakarta yang memberikan pengarahan dan ilmunya kepada penulis di awal pelaksanaan Geladi di PT Telkom Indonesia,
2. Bapak Sugeng Suwoto, Bapak Toto Haryanto selaku Manajer Bagian Human Resources dan Manajer Information System Center di Witel Yogyakarta, Kotabaru,
3. Seluruh staff dan Karyawan Witel Yogyakarta, Kotabaru,
4. Bapak Kharisma Bani Adam, selaku dosen pembimbing yang telah menyempatkan waktunya untuk memberikan pengarahan mengenai Geladi,
5. Pihak kampus Universitas Telkom yang memberikan kami kesempatan untuk mengambil mata kuliah Geladi,
6. Seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan geladi yang tidak dapat disebutkan satu-persatu.
Dari serangkaian tulisan dalam laporan ini, penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat di dalamnya. Untuk itu saran dan kritik sangat diharapkan dari pihak pembaca. Semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi para mahasiswa Universitas Telkom pada khususnya dan bagi segenap pembaca pada umumnya.
Terima kasih.
Yogyakarta, 3 Juli 2015
Penulis,
Diva Amalia Nadhilah
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
BAB I ABSTRAK 1
BAB II PENDAHULUAN 2
2.1 Latar Belakang 2
2.2 Profil Perusahaan 2
2.3 Struktur Organisasi Perusahaan 5
2.4 Rumusan Masalah 6
2.5 Struktur Organisasi 6
2.6 Batasan Masalah 7
2.7 Tujuan Pelaksanaan Geladi 7
2.8 Waktu Dan Tempat Pelaksanaan Geladi 7
BAB III TINJAUAN TEORI 8
3.1 Divisi Information Sytem Center (ISC) 8
3.2 Help Desk 8
3.3 Pendukung Data 9
BAB IV PELAKSANAAN GELADI 10
4.1 Rencana Kegiatan 10
4.2 Pelaksanaan Kegiatan 10
4.3 Hasil 12
BAB V PENUTUP 13
5.1 Kesimpulan 13
5.2 Saran 13
BAB I
ABSTRAK
Perguruan Tinggi merupakan sebuah institusi pendidikan terkahir sebelum seseorang memasuki dunia kerja. Di dalam Perguruan Tinggi seseorang diharapkan untuk mampu mengusai bidang keahlian sesuai keahlian yang telah dipilihnya. Untuk melatih kesiapan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja, Universitas Telkom mewajibkan mahasiswa S1 Fakultas Teknik pada tingkat ke-2 jika telah lulus kuliah tahun pertama atau 42 sks dengan IP > 2 untuk mengambil mata kuliah Geladi. Geladi merupakan mata kuliah untuk melatih kesiapan mahasiswa dalam mengasah kemampuannya mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dan dipelajari di perkuliahan serta dapat mmeberikan gambaran kepada mahasiswa megenai suasana dunia kerja yang berbeda dengan suasana perkuliahan.
Pelaksakan geladi tahun 2015 dilakasanakan selama 6 pekan dimulai pada tanggal 3 Juni 2015 sampai dengan 10 Juli 2015 dan berlokasi di PT.Telkom Indonesia (Witel DI YOGYAKARTA) Jl. Yos Soedarso No. 9, Kotabaru, Yogyakarta, Divisi Information System Center. Dalam pelaksanaan geladi ini, mahasiswa Universitas Telkom dituntut untuk melaksanakan tugas yang biasa dikerjakan oleh karyawan PT Telkom Indonesia baik di dalam ruangan maupun di lapangan. Jam kerja mengikuti jam kerja karyawan, yaitu Senin-Jum’at 08.00-17.00.
Dalam pelaksanaan geladi ini kami diberikan tugas untuk membantu Divisi Information System Yogyakarta yaitu membantu membetulkan jaringan bermasalah yang ada di kantor PT Telekomunikasi Indonesia, Kotabaru dan memisahkan data-data pelanggan pengguna produk PT Telekomunikasi Indonesia baik pemasangan, pembatalan dan sebagainya mengenai produk tersebut. Selain itu, kami diberi kesempatan untuk membuat tampilan untuk sebuah web serta mengetahui bagaimana interaksi sesama staff dan manager yang ada disini.
BAB II
PENDAHULUAN
2.1 Latar Belakang
Seiring perkembangan waktu semakin banyak orang-orang membutuhkan pekerjaan guna kelangsungan hidupnya. Namun, sering terjadi ketidaksiapan dari orang-orang tersebut. Untuk mengatasi hal ini pihak Universitas Telkom memberikan mata kuliah Geladi . Geladi merupakan suatu program kurikuler yang dirancang untuk menciptakan pengalaman kerja tertentu bagi mahasiswa S1 dan D3 yang telah memenuhi persyaratan yang ada. Tujuan dan manfaatnya untuk memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa, meningkatkan keterampilan dan wawasan, menimba pengalaman perkerjaan dari para pegawai dan perusahaan tempat geladi baik teknis maupun non teknis, memberikan wawasan pula dari mahasiswa yang didapat di perkuliahan dan lain sebagianya.
Sesuai dengan institusi maka tempat geladi diarahkan ke Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk yang merupakan Badan Usaha Milik Negara dan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Telkom menyediakan layanan produk, telepon kabel tidak bergerak (fixed wireline) dan telepon nirkabel tidak bergerak (fixed wireless), layanan telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan. Banyaknya perusahaan telekomunikasi, membuat PT Telkom harus memutar otak untuk mengatur strategi dalam menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.
Dengan adanya Geladi diharapkan saling timbal balik antara mahasiswa dan perusahaan dapat memberikan manfaat dan pengalaman yang belum didapatkan sebelumnya. Adapun yang telah didapat terlebih dahulu semakin diperdalam sehingga semakin baik untuk ke depannya.
2.2 Profil Perusahaan
2.2.1 Alamat Perusahaan
PT. Telkom tempat Geladi kali ini beralamatkan di Jl. Yos Sudarso No. 9 (Kota Baru), Yogyakarta, DI Yogyakarta.
2.2.2 Sejarah Perusahaan dan Bidang Usaha
Telkom merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia dan karenanya tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Dengan statusnya sebagai Perusahaan milik negara yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham, pemegang saham mayoritas Perusahaan adalah Pemerintah Republik Indonesia sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham Perusahaan diperdagangkan di BEI, NYSE, LSE dan Public Offering Without Listing (“POWL”) di Jepang. Riwayat singkat Telkom dari tahun ke tahun dapat dilihat pada bagian “Sejarah Panjang Menempa Kami”.
Kegiatan Usaha
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan adalah menyelenggarakan jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Perusahaan menjalankan kegiatan usaha yang meliputi:
Usaha Utama
1. Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
2. Merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Usaha Penunjang
1. Menyediakan layanan transaksi pembayaran dan pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi dan informatika.
2. Menjalankan kegiatan dan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perusahaan, antara lain pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.
2.2.3 Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadi Perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (“TIMES”) di kawasan regional.
Misi
1. Menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
2. Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Visi dan Misi ditetapkan berdasarkan keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012 pada tanggal 30 Mei 2012.
Corporate Culture : The New Telkom Way
Basic Belief : Always The Best
Core Values : Solid, Speed, Smart
Key Behaviors : Imagine, Focus, Action
2.3 Struktur Organisasi Perusahaan
2.4 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang dapat dijumpai pada saat Geladi di Divisi Information System Center antara lain;
2.4.1 apa saja pekerjaan yang dilakukan pegawai Divisi Information System Center?
2.4.2 bagaimana cara memperbaiki jaringan yang bermasalah di Witel Telkom Yogyakarta?
2.4.3 bagaimana cara memisahkan data pelanggan sesuai keinginan manager?
2.4.4 bagaimana cara membuat desain dari sebuah web?
2.5 Struktur Organisasi
3
4
5
2.6 Batasan Masalah
2.6.1 untuk pengerjaan yang berhubungan dengan jaringan dan hal penting dilakukan oleh pegawai Divisi Information System Center,
2.6.2 untuk memisahkan data pelanggan menggunakan Ms. Excel 2010,
2.6.3 memisahkan data pelanggan secara manual karena tidak ditemukan formulanya.
2.7 Tujuan Pelaksanaan Geladi
Adapun tujuan pelaksanaan Geladi 2015 antara lain;
1. memberikan pengalaman praktek kerja dan penyelesaian masalah pekerjaan yang tibuk di lapangan sekaligus mengukur implementasi keilmuan dan keterampilan dunia kerja,
2. meningkatkan keterampilan dan wawasan, baik dalam kompetensi hardskill maupun softskill
3. mengisi masa libur antar rahun akademik mahasiswa dengan kegiatan positif yang menunjang pengetahuan dan keahliannya,
4. memperlengkapi mahasiswa dengan gambaran nyata menegenai serba serbi lingkungan kerja, mulai dari jenis pekerjaan tingkat bawah sampai dengan tingkat yang lebih tinggi.
2.8 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pada kesempatan geladi 2015 ini diadakan selama enam pekan terhitung dari tanggal 3 Juni 2015 sampai dengan 10 Juli 2015 dan ditempatkan di Divisi Access Kotabaru Jl. Yos Sudarso No. 9, Yogyakarta, DI Yogyakarta.
BAB III
TINJAUAN TEORI
3.1 Divisi Information System Center (ISC)
Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi dan semakin beragamnya keinginan konsumen, PT. TELKOM Tbk sebagai penyedia jasa telekomunikasi dituntut untuk memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan konsumen sebagai bekal dalam menghadapi persainganan oleh semakin banyaknya operator-operator telekomunikasi lain yang lahir. Menyadari pentingnya peranan informasi dalam menghadapi persaingan ini PT. TELKOM Tbk membentuk suatu divisi pendukung yaitu Information System Center (ISC) sebagai penyedia sistem informasi bagi perusahaan dan penanggung jawab serta pengawasan pengelolaan infrastruktur sistem informasi di seluruh Indonesia untuk menunjang kelancaran operasi dan strategi PT. TELKOM Indonesia Tbk. Selain itu ISC adalah divisi pendukung di organisasi PT Telkom yang berperan memberi dukungan dalam menyediakan dan menyelenggarakan produk dan network untuk kebutuhan internal Telkom.
3.2 Helpdesk
Helpdesk adalah suatu kesatuan yang merupakan gabungan dari beberapa grup yang bertugas sebagai pemberi layanan secara terpusat kepada semua pengguna IT. Pada saat ini, pelaporan insiden dan permintaan IT terpusat pada suatu grup yang diatur oleh suatu aplikasi yaitu “Remedy”
3.3 Pendukung Data
Ms. Excel 2010
Desain Web
BAB IV
PELAKSANAAN GELADI
4.1 Rencana Kegiatan
Kegiatan geladi Universitas Telkom 2015 untuk Witel DI Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2015 sampai dengan 10 Juli 2015. Dan ditempatkan di Divisi Information System Center, Divisi Access Kotabaru, Yogyakarta.
Selama pelaksaan geladi, kami memerhatikan apa yang dikerjakan pegawai di sini dan mengerjakan apa yang diberikan oleh manager divisi. Berkaitan dengan yang dikerjakan adalah memisahkan data pegawai sesuai permintaan manager dan di pekan ke-6 waktu geladi dimanfaatkan untuk membuat laporan akhir geladi.
4.2 Pelaksanaan
4.2.1 Lingkungan Kerja
• Kegiatan yang ada di divisi ISC ini hampir seluruhnya dikerjakan oleh pegawai ISC dan manager, sehingga kami hanya melihat bagaimana cara pgawai dan manager bekerja.
4.2.2 Pengolahan data
• Data yang kami olah berupa data dari Web yang diberikan dari manager kami. Data tersebut merupakan data keseluruhan dan update.
• Data ini akan kami filter sesuai yang diminta oleh manager kami melalui Ms. Excel 2010.
• Karena kami tidak mendapatkan formula yang membuat data secara otomatis terpisah maka, kami memisahkan data secara manual.
• Pertama, “Filter” data pada “Data” lalu setiap tabel memilik panah ke bawah dan kita klik dan cari sesuai yang diinginkan, lalu pindahkan ke sheet berikutnya.
4.2.3 Pembuatan Web berbasis Dashboard
• Pembuatan web menggunakan Dashboard untuk kepentingan ISC.
• Guna memakai Dashboard agar di tampilan Web langsung muncul data pelanggan.
4.3 Hasil
Hasil yang didapatkan selama proses Geladi di PT Telkom Indonesia (Witel DI Yogyakarta) dijabarkan sebagai berikut;
1. pengalaman kerja, melakukan kegiatan yang sama dengan pegawai,
2. mengenal dan beradaptasi dengan pegawai,
3. pengetahuan yang belum didapat sebelumnya, mengenai perangkat lunak dan keras serta,
4. pemasangan kabel kamera di salah satu ruangan di Divisi Access Kotabaru.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang didapat selama 6 pekan geladi di Witel DI Yogyakarta adalah;
1. geladi merupakan mata kuliah yang merupakan kegiatan mengisi waktu libur mahasiswa dengan melihat dan mempelajari rutinitas pegawai guna mendapatkan pengalaman keja untuk masa yang akan datang,
2. peusahaan Telkom Indonesia, merupakan perusahaan yang membutuhkan sistem pengendalian dari internal, dan hal itu ditagani oleh Divisi Information System Center, selaku penanggung jawab dan pengawasan pengelolaan infrastruktur sistem informasi.
5.2 Saran
Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan masalah yang ada di Divisi Information System Center ialah;
1. perusahaan Telkom Indonesia (Witel DI Yogyakarta) untuk melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang kebutuhan pegawai atau pelanggan, semisal melengkapi perangkat yang digunakan menunjang pekerjaan pegawai,
2. melakukan perbaikan secara berkala karena dirasa mengganggu aktifitas pegawai untuk berkerja.
LEAVE A COMMENT